Friday, September 09, 2005

Pelabuhan..... (26 Agustus 2005)





posting dari Mbak Diah Kusumawati :

Sendirinya....
Kenapa tak pernah kau tambatkan.
perahumu di satu dermaga?
Padahal kulihat, bukan hanya satu.
pelabuhan tenang yang mau menerima.
kehadiran kapalmu!


Kalau dulu memang pernah ada.
satu pelabuhan kecil, yang kemudian.
harus kau lupakan,
mengapa tak kau cari pelabuhan lain,
yang akan memberikan rasa damai yang lebih?

Seandainya kau mau,
buka tirai di sanubarimu, dan kau akan tahu,
pelabuhan mana yang ingin kau singgahi untuk selamanya,
hingga pelabuhan itu jadi rumahmu,
rumah dan pelabuhan hatimu.

( Judul Puisi " Pelabuhan " karya Tyas Tatanka)


Cinta Tanpa Definisi
oleh: Anis Matta

Begitulah cinta
Ia ditakdirkan jadi kata tanpa benda
Tak terlihat, hanya terasa, tapi dahsyat

Demikianlah cinta
Ia ditakdirkan jadi makna paling santun
Yang menyimpan kekuasaan besar

Seperti itulah cinta
Ia ditakdirkan jadi kekuatan angkara murka
Yang mengawal dan melindungi kebaikan

Cinta adalah kata tanpa benda
Nama untuk beragam perasaan
Muara bagi ribuan makna
Wakil dari sebuah kekuatan tak terkira
Ia jelas, sejelas matahari
Cinta adalah lukisan abadi dalam kanvas kesadaran manusia


---------------------------------------------------------------------------------


He...he... udah lama nih gak berkata-kata ria di hari jum'at.
Blog-nya juga belum sempet diupdate :P
Karena hari ini ide bikin puisi belum muncul, dan karena barusan aja ketemu ama Dian Sastro he...he...
gw posting puisi2 dari film aja deh :)

salam,
mas arief

AADC
******************
Perempuan datang atas nama cinta
bunda pergi karena cinta
digenangi air rancu jingga adalah wajahmu
seperti bulan lelap tidur di hatimu
yang berdinding kelam dan kedinginan
ada apa dengannya
meninggalkan hati untuk dicaci
lalu sekali ini aku lihat karya surga
dari mata seorang hawa
ada apa dengan cinta
tapi aku pasti kembali
dalam satu purnama
untuk mempertanyakan kembali cintanya
bukan untuknya, bukan untuk siapa
tapi untukku
karena aku ingin kamu
itu saja
***************************************

Ketika Tunas ini tumbuh
serupa tubuh yang mengakar
setiap nafas yang terhembus adalah kata
angan, debur dan emosi bersatu
dalam jubah terpautan
tangan kita terikat, lidah kita menyatu
maka setiap apa terucap
adalah sabda pendita ratu
ahh... di luar itu pasir
di luar itu debu
hanya angin meniup saja
lalu terbang hilang tak ada
tapi kita tetap menari
menari cuma kita yang tahu
jiwa ini tandu
maka duduk saja
maka akan kita bawa semua
karena kita adalah satu

************************

Kulari ke hutan kemudian teriakku
Kulari ke pantai kemudian menyanyiku
Sepi...sepi...dan sendiri aku benci
Aku mau bingar...aku mau di pasar...
Bosan aku dengan penat
Dan enyah saja kau pekat
Seperti berjelaga jika kusendiri...
Pecahkan saja gelasnya biar ramai!
Biar mengaduh sampai gaduh!
Aih...ada malaikat menyulam
Jaring laba laba belang di tembok,
Keraton putih,
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya biar terdera,
Atau aku harus lari ke pantai Belok ke hutan...

***************

UNGU VIOLET
'Begitu sempitnya waktu, Begitu besarnya cinta'

*****************

"GIE"
( Soe Hok Gie)

Mandalawangi – Pangrango

Senja itu ketika matahari turun kedalam jurang-jurangmu,
Aku datang kembali
Kedalam ribaanmu dalam sepimu dan dalam dinginmu.
Walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna
Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan,
Dan aku terima kau dalam keberadaanmu
Seperti kau terima daku.
Aku cinta padamu Pangrango yang dingin dan sepi
Sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada
Hutanmu adalah misteri segala
Cintamu dan cintaku adalah kebisuan semesta.
Malam itu ketika dingin dan kebisuan menyelimuti Mandalawangi
Kau datang kembali
Dan berbicara padaku tentang kehampaan semua.
Hidup adalah soal keberanian menghadapi yang tanda tanya
Tanpa kita mengerti tanpa kita bisa menawar
Terimalah dan hadapilah.
Dan diantara ransel-ransel kosong dan api unggun yang membara
Aku terima itu semua melampaui batas-batas hutanmu melampaui batas-batas jurangmu.
Aku cinta padamu Pangrango
Karena aku cinta pada keberanian hidup


***********************
"umur manusia singkat,
tapi kemanusiaan lama.
lupakanlah segala kesedihanmu itu dengan lebih giat lagi bekerja
bekerja untuk kemanusiaan..."

"Atheis"- Achdiat K.Mihardja

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Using blogs to attract new customers
With traditional online marketing tools becoming more expensive, retailers are turning to alternative techniques, such as blogs, podcasts and RSS feeds.
Great Blog!! If you are interested, go see my kissing girlfriend related site. I think you'll like it!!

9:43 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home